Rabu, 02 Mei 2012

Ape Sih Hardiknas?

Wah ternyata sekarang tanggal 2 Mei orang-orang di facebook ku pada sibuk bikin status Hardiknas? (status galau ya? :D, biasa musim galau :D) apaan tu Hardiknas pastinya hari dunk yah (ah sotoy :D, emang iya kale -,- ) ane taunya Harpitnas (Harpitnas = Hari Kejepit Nasional , biasa hari kejepit antara libur terus masuk sekolah dan kemudian libur kembali, seperti jum'at libur terus sabtu masuk dan minggu libur lagi :D ah ribet toh. (loh kok bahas Harpitnas wala ckck).

Nah karena ane penasaran tentang apaan sih Hardiknas? apasih di balik Hardiknas itu sendiri ane guugling deh di mbah google (mbah tolongin saya dunk mbah, sambil bawa sajen dan menyan :D ah bercanda), nah ternyata temen-temen Hardiknas itu adalah kepanjangan dari Hari Pendidikan Nasional ( horeee ternyata gue pinter juga ye :D , muji sorang). Hardiknas jatuh pada setiap tanggal 2 Mei, (nah loh kok Cuma 2 Mei? Kenapa gak 10 Mei kelahiran ane heheh ) Nah ternyata 2 Mei adalah hari kelahiran salah satu Sang Pahlawan yakni pahlawan pergerkan nasional dan sekaligus Bapak Pendidikan Nasional yakni Ki Hajar Dewantara (hoooo :O, cam tu haha  ), nah Ki Hajar Dewantara atau nama lainnya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Beliau adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Ki Hadjar Dewantara terkenal karena ajaran dan karya-karyanya. Salah satu ajarannya ialah tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan), ing madya mangun karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), dan ing ngarsa sung tulada (di depan memberi teladan).
Sementara, salah satu karya tulisnya yang terkenal pada masa penjajahan Belanda adalah Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda). Tulisan itu tidak disukai pemerintah Belanda. Maka, Ki Hadjar Dewantara dihukum buang ke Pulau Bangka (mulai 1913 hingga 1917).
Berkat perjuangan, karya-karya, dan kepeduliannya, Ki Hadjar mendapat berbagai penghargaan. Ia, antara lain, ditetapkan sebagai Perintis Kemerdekaan pada 8 Maret 1955, menerima gelar Doktor Honoris Causa Ilmu Kebudayaan pada 19 Desember 1956, dan mendapat Bintang Mahaputra tingkat 1 pada 17 Agustus 1960.
Pada akhirnya, ia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional Indonesia (yeeeey (y)). Dan atas dediksainya untuk negeri ini tanggal lahirnya pun diambil sebagai tanggal Hari Pendidikan Nasional Indonesia. Nah mungkin begitu teman-teman mungkin secara singkat history kenapa diangkat sebagai Hardiknas karena beliau adalah ujung tonggak dari pada rakyat pribumi saat itu untuk melawan kebodohan dan melawan penjajah yang  menjarah kekayaan bangsa kita, nah bagaimana kita Ki Hajar Dewantara muda saat ini dalam meneruskan perjuangan dari beliau yakni teruslah belajar teman – teman karena tugas kita yang paling utama sebagai pelajar yah tentunya adalah menuntut ilmu di dalam Islam juga menuntut ilmu itu sangat penting seperti tertera dalam surah yang pertama kali diturunkan surah al-alaq 1-5 yang kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk membaca dan juga dalam sebuah hadis tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina dan juga kita sebagai insan sampaikanlah ilmu walau satu ayat (بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً) yang merupakan sunah dari Nabi Muhammad SAW. Nah temen-temen marilah kita majukan Indonesia kita, ayo jayalah Indonesia ku, tetap fair play teman-teman Insyaallah salalu ada jalan.
Kepkecaw @pedie  02 Mei

2 komentar:

  1. Selamat hari pendidikan nasional. Jaya teruuus pendidikan Indonesia.

    BalasHapus
  2. Amiinn majulah Indonesiaku, berkibar lah dengan bendera-bendera Negara-Negara Maju. Terbanglah yang tinggi Garuda hehe( sok puitis ckck ;D)
    amin ya Allah

    BalasHapus

Mohon di kritisi dan di beri saran yang konstruktif, ane sangat mengapresiasi komentar teman-teman sekalian :)