Kamis, 21 Juni 2012

Apengalaman memancing 2 part 1

Alhamdulilah :D

memancing adalah kegiatan yang bagi ane menyenangkan dan sekaligus bisa dijadikan hobi tapi ada sebagian orang yang menggangap mancing itu membosankan yah mungkin karena menunggunya yang lama tapi whatever lah bagi kami itu melatih kesabaran dan ada tantangannya hehe ^^ karena tidak hanya dijadikan sekedar pertualangan belaka tapi kadang ada nilai-nilai dan hikmah yang tak terduga loh dari apa yang kita lakukan. Nah teman sobat apedie ane pingin share nih tentang pengalaman ane saat memancing  bersama teman-teman ^^, ini dia let’s check it dot :D

Alhamdulilah  bro-bro dan sistaha” dan juga teman-teman sobat apedie yang dirahmati Allah SWT alhamdulilah ahad tanggal 18 Juni 2012 kami skuad memancing pergi memancing kembali ke ambawang dalam rangka back to ambawangg again bukan back to school hehe, ane pergi memancing tidak sendirian teman – teman sobat apedie yakni dengan ditemani personil yang berjumlahkan 6 orang yang maco dan ganteng-ganteng :D ( alay :P) yakni  fikri, nuzul, abdul rahim (aim) , sarwan, ranu dan helmi :D, wah rasanya kangeeen buanget getho (4l4y-nye -,-) dengan ambawang hehe, ini adalah episod ketiga kami setelah pengalaman pertama dan kedua di Ambawang , dan yang lebih terasa spesial temen temen dari episode-episode sebelumnya adalah yakni dengan hadirnya bintang tamu kami yakni helmi kurniawan, entah kenapa kalau ada helmi serasa lebih hidup seperti semboyannya iklan di tivi-tivi “ga ada loe ga rame” :D. yap mungkin karena dengan keberadaan dan eksistensi  helmi yang ganteng lucu imut dan menggemaskan hehe (ah yang benar? :D),  sampai-sampai memunculkan perang saudara antara luthfi dan ranu (waaaw aapaaa? Tededeng * effect petir-petir), tapi luthfi yang pada episode 1 berhalangan hadir mungkin cemburu kali dengan ranu sampai sampai menyanyikan lagu dmasiv diantara kalian karena ranu pergi berduan berboncengan dengan helmi ceieee haha ( bercanda peace ^^V) tak kala pentingnya helmi, helmi bagaikan pengganti adli pada memancing episode 1 yang berhalangan hadir karena fever yang menghampirinya.

Alhamdulilah pagi hari saat ane membuka jendela kamar alhamdulilah cuaca menunjukan indikasi pagi itu begitu bersahabat dan begitu cerah yah ane berharap saja supaya tidak seperti episode pertama awalnya cerah kemudian hujan hehe tapi sepertinya cuaca kali ini hujan sedang alpha mungkin karena sakit atau apa (loh? -,-)  karena cuaca selama seminggu akhir-akhir ini begitu panas dan bikin gerah karena mungkin cuaca sudah memasuki musim kemarau. Yap tapi kami para skuad memancing tidak terlalu memikirkan musim, semua musim kita terjang hehe mau panas atau mau dingin tetap kami hadapi, semakin panas semakin tidak kalah panas semangat kami hhe (serasa terbakar fireeeeeee) tapi sebenarnya dalam dunia pemancingan musim itu penting loh karena kita bisa mengetahui kondisi dan situasi dan keadaan ikan sedang bermigrasi atau tidak apakah sedang bertelur atau tidak ( wah kebanyakan nonton mancing mania nih -,-) tapi itu tidaklah kami fikirikan karena tujuan kami just have fun setelah teman-teman fighting berperang makan soal snmptn yang sangat sangat sangat sangat dan sangat sangat sangat very very very membingungkan :D.

Pada sore harinya cuaca tetap menunjukan kondisi bebas dari awan hitam, langsung dah seperti biasa kami pertama akan berkumpul di rumah akang sarwan terlebih dahulu sebelum memancing,  ane, aim dan nuzul pun berangkat menuju rumah sarwan  wah tapi kami kesorean ketika matahari hampir menuju tempat peraduanya, kami berangkatnya sekitar pukul 17.00 WIB lebih. kami pun segera tancap gas dengan tarikan sekitar 60km/jam sampai 80 km/jam dengan ane tambah sedikit NOS H2S hehehe dengan sekejap mata ( merem dari rumah sampai rumah sarwan, kan sekejap hehe) akhirnya perjalanan kami pun tidak begitu terasa lama ternyata sudah sampai di jalan utama ambawang ke tayan,tak terasa jamuan Allah sudah memanggil akhirnya kami memutuskan sholat maghrib di salah satu mesjid di jalan ambawang, kami pun berhenti dan lekas segera kami ambil wudhu  karena jamaah sedang progressing prosesi melakukan sholat maghrib. setelah kami selesai sholat dan berdo’a, eh ternyata eh ternyata tak disangka sangka kami bertemu ranu dan helmi di mesjid tersebut, ternyata mereka kesorean juga hehehe ,dan tanpa menunggu lagi lekas segera kami langsung menuju rumah sarwan dan eits ea ea ea ternyata helmi memboncengi ranu cieeaaa ( so sweet :D, patah semangat la luthfi :D) ( peace my bro ^^)

Suasana sore diatas jembatan kapuas 2
Akhirnya  kami tiba juga di rumah sarwan sekitar pukul 18.30,kami pun disambut oleh tuan rumah dan disajikan teh panas langsunglah di rumah akang sarwan kami pun bersiap-siap dengan amunisii kami  , alhamdulilah ane sih uda siap dari rumah dari senjata utama joran, mata kail dan lain-lain. Kemudian aim pun meminta sarwan menghidupkan tivinya( wesss ambawang gitu ada tevi :D di sungai renggas ade enda ye? :D, note sungai rengas tempat  bersemayamnya aim yang juga sama jauhnya dengan ambawang xxixi) eh ternyata masih ada djarum Indonesia open final yakni antara ganda campuran ahmad tantowi dan lilyana natsir melawan pasangan thailand sara lee dan sudket prapakamol (aseeeekkk) . Yah kami pun sambil mempersiapkan alat-alat, kami juga sambil menonton tangkis bulu, saat kami menyaksikan pertandingan ternyata pasangan campuran thailand ini sudah memimpin satu game 17-21, dan babak kedua sedang berlangsung kami pun mensupport team ganda Indonesia :D (Indonesia Indonesia prok" prok" begadoh ntar rumah sarwan hehe) huuh pertandingan yang sangat serut dan alot, smash tangkis, smash tangkis dengan really really panjang yuhuu dan setelah perjuangan panjang akhirnya Indonesia berhasil meraih set kedua dengan 21-17 yes dengan semangat pantang menyerah akhirnya memaksa pertandingan rubber set. Kami pun  terbawa suasana dan tak terasa menonton dengan asiknya tapi sayang sekali ternyata Indonesia dikalahkan oleh Thailand kami pun keasikan menonton tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 20.00 waaah( whaaattt telat tuh udang udah candle light dinner dah T^T) segera kami sholat Isya dan kemudian kami pun langsung cap cus ke TKP spot memancing :D

boy band :D
Nuzul, aim, sarwan, helmi
kiri ke kanan
Mancing ambawaaaanggggg?
nuzul,aim,sarwan,helmi dan ranu

Let's go
skuad memancing ambawang
Kami pun langsung tancap gas ke tempat lokasi, sarwan dan nuzul berboncengan didepan memimpin helmi bersama ranu dibelakangnya, ane yang diboncengi rahim membuntuti dari belakang, mereka pun menyalip truk yang berada didepannya ane dan aim di belakang membuntuti eh tahu-tahunya perjalanan kok terasa lama sekali kami menyalip truk yang berada didepan, sarwan,nuzul helmi dan ranu tidak kelihatan lagi, wah ane pun ketinggalan dan lost in Ambawang waduh gawat segera ane sms ranu dan juga nuzul, mereka pun baru menyadari kami tidak ada di belakang, akhirnya mereka bilang bahwa mereka telah belok waah kalau ane mah  bujur arus aja ngikutin truk hudu, akhirnya ane dan aim putar stang kembali kebelakang sambil menyusuri jalan , dan terus berjalan eh ternyata ranu dan helmi sudah menunggu kami disebuah gang yang gelap disamping tikungan jalan utama, untung saja kami melihat kelap cahaya motornya helmi kalau gak kelewatan lagi dah hehe. Kami pun melanjutkan perjalanan kami menyusuri gang yang gelap, ada sedikit cahaya perumahan penduduk namun masih tampak jarang, kanan kiri kami masih hutan yang masih lebat di samping kiri kami tampak parit yang menjerumus kedalam, jalan pun masih berupa tanah bebatuan dan tampak tidak beraturan dengan topografi tidak rata, alhamdulilah hari tidak hujan kalau hujan becek deh ga ada ojek :D akhirnya setelah melawti jalan terjal bebatuan akhirnya kami sampai juga di spot pemancingan jam sudah menunjukan pukul 20.30, pertama kami parkir motor terlebih dahulu ditempat yang terlihat seperti dermaga penyebrangan kapal.  Setelah kami parkir kami pun melanjutkan dengan berjalan kaki menuju tempat spot pemancingan yang berada tidak jauh dari dermaga, langsung saja sreeeet open my case take a joran pasang umpan dan throw jauh-jauh. Semangat sekali memancing :D ane,ranu,aim,sarwan,nuzul segera menurunkan joran tapi tidak dengan helmi, dia hanya menonton saja karena tidak punya joran dan aim pun meminjamkan joran miliknya yang berlebih namun helmi menolaknya, helmi berkata “ nggak usah him saya Cuma mau liat saja”, wah ane pun kebingungan ane berkata “ wah tak ape hel mancing-mancing je”, helmi pun berkata lagi “ga usah kalian aja yang mancing saya liat saja” ya sudah helmi pun hanya menyaksikan kami memancing di tepi kapal sambil menyemangati ranu eh ckck menyemangati kami semua xixi. Kami pun terus menunggu dan terus menunggu tetapi tidak ada kunjung jua ikan dan udang menyambar hanya disenggol saja, berkali-kali kami gonta ganti umpan dan  hanya di emut-emut ama sang ikan wah tapi kami tidak akan menyerah ane pun pindah spot ke belakang kapal menemani sarwan, disana wah gelap sarwan dan ranu sehe dan betah disana yang hanya ditemani sebuah lampu tambak yang kelihatan remang-remang ane pun  langsung melpaskan umpan segar ke sungai sambil menunggu ane berbaring di atas kapal sambil mentap langit tegak lurus dengan wajah ane wah bertapa indahnya cipataan Allah, sungguh besar dan menyadari bertapa kecilnya ane dibawah sini, bintang-bintang begitu Indah bertebaran selayak seperti Intan berlian rasanya ingin ku pancing satu dan ingin ku bawa pulang  :D, eh tak terasa pancing ane kelihatan bergetar langsung saja ane tarik but it’s fake hanya dicium sang ikan wah wah wah ane pun menggulung benang ane dan saat menggulung terasa sedikti tersendat ternyata talinya kusut di antara reel dan joran wah parah mungkin karena gelap jadi gak kelihatan segera ane melakukan pembedahan wah tapi makin kusut aja -,- ane pun di bantu sarwan membetulkan joran milik ane tapi ternyata sudah terlanjur macet yasudah ane potong talinya yang kusut dan menyambungnya kembali. Membetulkan joran ane membutuhkan waktu yang lama dan tak terasa sudah pukul 23.00 kami pun masih belum mendapatkan hasil,  wah kami pun akhirnya menuju ke sebuah mushola untuk dijadikan tempat istirahat sekaligus kami ber i’tikhaf ( heheh kan sekalian tidur sambil ibadah :D berdiam di dalam mesjid :D) , tapi kami pun masih belum menyerah di depan mushola tepat sungai masih menanti kami pun langsung turun lagi ke sungai, aim sudah sangat ngantuk aim pun akhirnya bobo juga di mushola, akhirnya ane,sarwan,nuzul,ranu, dan helmi turun, sarwan memancing di depan mushola, ane,nuzul dan ranu ke tempat tambak yang berada tepat di depan mushola dengan sampan yang sudah bocor sebagai tempat menyebrang, tak lama sarwan pun meletakan umpan di dekat tempat faforit ranu, dekat jamban ( abis ranu kemarin pas mancing season 2 dapat ikan nila di bawah jamban, jadi sangat mengagumi tempat dibawah jamban. Xixix) eh tak lama betul dan strikeee sarwan pun segera menarik jorannya dan berhasil hook up ikan baong :D alhamdulilah akhirnya sarwan memecahkan kebuntuan kami ikan pun berhasil dia raih ( biasanya kalau sarwan udah dapat ngeresmikan yang lainnya biasanya juga ikut dapat  ikan cz sarwan selalu mengawali dapat ikan pertama kali disetiap season memancing sebelum kami dapat ikan, sarwan kan juru kunci sungai ambawang xixi ^^V), sarwan pun juga segera turun ke tambak dan segera memancing sambil menunggu kami hidupkan lagu biar gak teras sunyi amat hihihi helmi pun kemudian naik untuk tidur bersama rahim yang sudah tidur, ane dan nuzul memancing didepan, sarwan dan ranu di belakang senyap-senyap saja eh ternyata mereka sudah strike udang galah wah ane belum ada naikin nih bangsa pisces ataupun crustacea tapi ane tak menyerah :D

Hari pun semakin larut waktu sudah menujukan pukul 01.00 ane lihat dipermukan sungai sudah mulai mengkabut memutih seperti air mendidih kapal tongkang pun lalu lalang menemani pada malam yang larut dan  akhirnya ane dan sarwan menyudahi untuk malam itu karena sudah ngantuk, dan segera tidur  ranu dan nuzul masih semangat memancing. Tapi tak lama setelah ane naik ke mushola sekitar 30 menit ranu dan nuzul pun naik ke mushola, ane yang masih sadar bertanya gimana hasilnya wah ternyata mereka sudah naikan ikan dan juga udang wah-wah tinggal ane dan aim nih yang belum naikan ikan atau udang, yah kita coba saja besok pagi mencoba  peruntungan besok :D  seperti biasa sebelum tidur sakat menyakat pun tak terelakan akhirnya aim dan juga helmi tersadar wah semakin seru sakat menyakatnya. Nuzul berkata” hel kamu mau tidur sebelah siapa saye atau ranu”, helmi pun terdiam eh ternyata dia lebih memilih ranu wah gagal dah si nuzul pdkt dengan helmi :P :D, Helmi berkata kepada ranu “ ran geser sedikit dunk ran”, waa bahan sakatan asikk haha lama-kelamaan kami pun terlelap capek dengan guyonan ga je. :D.
Kukuryuyuuukkk ayam pun sudah mulai berkokok kami pun terbangun pukul 4.30 pagi wah waktunya sholat subuh, ane pun terbangun dengan muka lusuh dan mata staknan jalan sambil sempoyongan sambil menuju ke sungai untuk mengambil wudhu, saat ane ke sungai waw terkejut ane ternyata air sungai sudah sangat turun drastis, awalnya tempat kami menaruh bubu yang masih tergenang air saat kini kami lihat ternyata sudah jauh diatas permukaan air, ikan dan udang didalam bubu pun tewas. Wah wah kami pun akhirnya memindahkan bubu kami terlebih dahulu dan segera mengambil wudhu untuk sholat subuh. Yap setelah selesai kami pun berdo’a supaya ada tangkapan yang bisa kami raih pagi ini. (amiiiinnn :D). selepas sholat kami pun langsung persiapkan amunisi kami dan langsung terjun ke sungai yang agak cetek sekarang. Aim pun dengan semangatnya turun dan langsung melempar joran dan tak lama menunggu strike strike segera aim menarik jorannya dan berhasil hook up ikan baong berukuran sedang waw dan tak lama kemudian nuzul pun beraksi strike dan berhasil menaikan seekor udang dengan ukuran medium. Wah nuzul kali ini sedang hoki dia berhasil menaikan berkali-kali ikan dan udang, lantas ane berkata “ wah zul agik hoki nih hahaha”, nuzul :” ie bek haha”, tak lama setelah ane berdialog dengan nuzul eh tahu-tahunya joran ane bergerak angguk-angguk ane fikir akibat gelombang kapal penyebrangan yang selalu lalu lalang namun feeling ane merasakan getaran cinta yang teramat dalam ( cieeeaa mual mual wkwkw :D) langsunglah ane segera tarik waah eh ternyata seekor ikan nila berukuran pas mantap :D