Senin, 11 Juni 2012

Makanan yang Ajib Menangkal Racun Polusi

Bissmilahirahmanirahim

Ilustrasi bahan kimia
Tauhkah sobat apedie ternyata banyak bahan kimia jutaan hingga ribuan disekitar kita dari yang tidak berbahaya sampai yang berbahaya bagi kesehatan, contoh dari bahan kimia ini seperti karbon monoksida, karbon dioksida dan berberapa senyawa beracun yang sulit terurai misalnya PCB (polychlorinated biphenyl) yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh sebab dapat memicu pembentukan radikal bebas dan peradangan.



Namun kabar baiknya ternyata ada loh makanan yang dapat melindungi tubuh kita dari berberapa bahan kimia sehari-hari dan juga untuk membantu mengurangi efek buruk bahan kimia dalam tubuh, yang akhir-akhir ini banyak kita konsumsi makanan olahan yang sintesis.

Jadi makanan apa saja tuh sob apedie yang dapat menangkal racun polusi tersebut?, nah seperti yang dilansir Rodale.com, Senin (11/6/2012), makanan-makanan berikut dapat menangkal efek buruk polutan dari lingkungan antara lain:

1. Telur

Ilustrasi Telur


Nah tahu gak sob ternyata telur ini kaya akan protein dan omega 3 sob,. nah telur yang diternakkan secara alami ternyata memiliki 2 x omega 3 lebih banyak dari pada telur yang dijual di toko-toko sob, karena peternakan lokal memberikan pakan organik sehingga risiko terpapar pestisida atau bahan rekayasa genetik lebih kecil.


2. Kenari

Ilustrasi Kacang Kenari

Ternyata seperempat cangkir kenari mengandung 160 kalori yang cukup menyediakan kebutuhan asam lemak omega-3 selama sehari. Kenari mengandung ALA, pelopor omega-3 di dalam tubuh yang kemudian diubah menjadi asam lemak. Selain kenari, biji rami juga mengandung nutrisi yang serupa.




3. Salmon

Ilustrasi Salmon

Banyak ikan yang kaya akan kandungan omega-3, tapi banyak juga juga terkontaminasi dengan merkuri dan PCB. Salmon liar di perairan dingin merupakan ikan yang paling banyak mengandung omega-3.



4. Lemak dan minyak nabati

Ilustrasi minyak zaitun

Berbeda dengan lemak jenuh yang buruk untuk tubuh, lemak tak jenuh tunggal yang banyak terkandung dalam minyak nabati adalah lemak yang baik dan penting untuk tubuh. Minyak zaitun dan minyak lobak mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal.





5. Kedelai dan kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang Kedelai
Satu cangkir kacang kedelai atau kacang merah mengandung 200 - 1.000 miligram omega-3. Empat ons tahu mengandung sekitar 0,4 gram omega-3. Tempe dan susu kedelai juga banyak mengandung omega-3.






6. Sarden

Ilustrasi Ikan Sarden
  Ikan sarden kaya akan DHA dan EPA meskipun kandungannya tak sebanyak salmon. Karena sarden juga banyak mengandung sodium, seimbangkan makanan dengan buah-buahan dan sayuran rendah sodium.



7. Minyak canola

Ilustrasi Minyak Canola
Minyak canola mengandung 1.300 mg omega-3 per sendok makan dan lebih banyak dari minyak zaitun. Sayangnya minyak ini lebih jarang ditemui di Indonesia.
 






sumber : Health.detik.com

2 komentar:

Mohon di kritisi dan di beri saran yang konstruktif, ane sangat mengapresiasi komentar teman-teman sekalian :)