Selasa, 05 Juni 2012

Nyamuk kebal semprot


Semprotan nyamuk masih menjadi senjata utama manusia untuk membasmi 'hama' tersebut. Padahal, nyamuk mempunyai kekuatan tubuh yang memungkinkannya tetap terbang meski telah tersemprot berbagai insektisida.

Para peneliti dari Georgia Institute of Technology (GT), Amerika Serikat, mengungkap, kekuatan kulit eksternal dan masa tubuh yang ringan pada nyamuk sehingga kebal dalam tetesan cairan, termasuk hujan. "Bagian paling mengejutkan dari proyek ini adalah kekokohan (tubuh) yang dimiliki penerbang kecil itu dalam hujan," kata pemimpin penelitian Andrew Dickerson, dalam situs resmi GT.

Dickerson mengatakan, manusia tidak bakal mampu bertahan jika terbentur tetasan air yang beratnya 50 kali dari berat tubuh manusia. Tapi hal itu tidak berlaku untuk nyamuk.

"Itu seperti berdiri di tengah jalan dan dihantam mobil," kata Dickerson tentang penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America.

Serangga penghisap darah itu, menurut Dickerson, membebaskan diri dari tetesan hujan dengan kaki yang panjang dan sayap. Daya tarikan kaki dan sayap itu memutar tubuh nyamuk, sehingga terlepas dari titik kontak benturan.

Kemampuan terbang nyamuk dari hasil penelitian Dickerson bersama David Hu itu dapat diaplikasikan pada desain dan fitur kendaraan udara mikro yang sering dipakai militer ataupun tim SAR.

2 komentar:

  1. Berarti mamang2 penyemprot nyamuk yang buat usir nyamuk penyebab DBD tu semacam melakukan pekerjaan yg sia2 gitu ye fikri.. pake raket nyamuk jaklah, dah pasti koit xixixi..

    BalasHapus
  2. hehe
    iya miss paling cuma ngusir n pingsan untk yg jadi nyamuk law jentik2 ga tw miss, krn biasa kalo abs nymrot dbd enda ad d tmukan nyamuk tepar d rmah hehe.
    nah itu dia miss pake raket jd serasa atlet n sklian olalaga.. ^^ /biar kekar hehe

    BalasHapus

Mohon di kritisi dan di beri saran yang konstruktif, ane sangat mengapresiasi komentar teman-teman sekalian :)