Jumat, 01 Juni 2012

Ikan Gurame Asia VS Amerika



Kisah tentang ikan seberat 14 kilogram yang melompat ke dalam perahu dan melukai pemancing, mungkin hanyalah mitos kalau itu tidak direkam dan diunggah ke You Tube, situs video umum yang memuat puluhan video ikan gurame terbang. 

 Kalau kita menyangka kegemaran memancing itu menggembirakan, karena ikan tangkapan itu benar-benar melompat ke perahu kita,  sebenarnya itu yang paling tidak diinginkan oleh para pemancing di Minnesota. Mereka khawatir dengan adanya berita bulan Maret lalu bahwa nelayan komersial menangkap ikan gurame Asia di Sungai Mississippi, di sebelah Tenggara Minnesota. Pada bulan April, hal yang sama juga terjadi di anak sungai di dekatnya.
"Bagi saya, itu mengherankan , kami belum pernah melihat sebelumnya," ujar  pakar biologi perikanan, Peter Sorensen, dari Universitas Minnesota.  Ia mengatakan, terdapat jutaan ikan gurame Asia di hilir sungai di Iowa. Sebagian beratnya bisa mencapai 45 kilogram. Sorensen mengatakan, ikan-ikan gurame itu kuat makan dan berlomba makan dengan ikan-ikan setempat. Itulah sebabnya ia menyatakan perang terhadap gurame Asia.
“Saya sudah ke berbagai daerah di dunia, di mana spesies tidak banyak, tetapi mengganggu, dan itu menyedihkan, juga tragis,” ujarnya lagi.
Tetapi, para ilmuwan belum memahami sepenuhnya, bagaimana ikan gurame Asia itu pindah dan berkembang biak. Sorensen punya beberapa tangki penuh dengan ikan di laboratoriumnya. Ia berharap menemukan cara untuk mengganggu penciuman ikan-ikan itu atau pola bertelurnya, apa pun yang dapat mencegahnya berpindah tempat dan berkembang-biak. Tetapi untuk sementara ia mengatakan, sangatlah penting untuk mencegah ikan-ikan itu menyebar lebih jauh ke utara.
Sorensen khawatir, gurame Asia itu akan pindah ke kawasan danau-danau yang dikenal dengan Sepuluh Ribu Danau dan membinasakan ikan-ikan lokal. Ia mengatakan, cara terbaik untuk memperlambat populasi ikan gurame Asia adalah menutup hulu sungai Missisippi dari lalu-lintas perahu.


Senator Amerika Amy Klobuchar mengajukan usul itu ke Kongres yang  mengizinkan penutupan pintu air di Minneapolis, jika ada satu ekor ikan gurame dewasa ditemukan di dekat sana. Anggota Kongres itu mengatakan, ikan gurame itu merupakan ancaman utama bagi industri pariwisata negara bagiannya yang sangat bertumpu pada wisata pemancingan.
"Ikan-ikan itu adalah suatu ancaman yang memerlukan tindakan cepat dan tegas. Kami mencintai Minnesota dan ingin tetap terkenal sebagai Negara bagian Sepuluh Ribu Danau. Kami tidak ingin dikenal sebagai negara bagian dengan 50.000 ikan gurame,” papar Senator Klobuchar.
Namun, rencana penutupan pintu  air itu mendapat kecaman. Pengguna industri mengatakan, melarang kapal-kapal tongkang, berarti akan lebih banyak muatan dengan truk di jalan-jalan. Greg Breining, wartawan dan penulis sejumlah buku tentang alam dan lingkungan mengatakan, tindakan drastis memusnahkan ikan-ikan itu, menghabiskan biaya mahal dan sia-sia.

4 komentar:

  1. huwaaaa miss nih ichtyophobia alias phobia ikan, ndak berani liat gambarnye lama2 ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha
      kok gtu miss, ia fkri ud prnah baca d blog miss, miss atut ikan, padahal unyu2 be miss :D
      usa d pandang miss tangkap dan goreng :P

      Hapus
  2. bener banget tuh.. :D
    kalau d bayangin serasa bget, d jamin kenyang mkan ikan 14 kg :D

    salam kenal :D
    salam hangat..

    BalasHapus

Mohon di kritisi dan di beri saran yang konstruktif, ane sangat mengapresiasi komentar teman-teman sekalian :)